Duniasport.com – SEBANYAK 5 negara yang mencetak sejarah di Piala Asia 2023 akan diulas Okezone. Piala Asia 2023 sudah memasuki babak perempatfinal dan bahkan sudah ada dua tim yang lolos ke semifinal, yakni Korea Selatan dan Yordania.

Memasuki fase akhir turnamen, tercatat ada lima negara yang mencetak sejarah di Piala Asia 2023. Siapa saja?
Berikut 5 negara yang cetak sejarah di Piala Asia 2023:

5. Suriah

Suriah merupakan tim pertama yang lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 lewat jalur peringkat tiga terbaik. Kepastian itu didapat setelah skuad asuhan Hector Cuper ini mengoleksi empat angka dari tiga pertandingan Grup B.

Keberhasilan lolos ke fase gugur atau 16 besar Piala Asia merupakan yang pertama bagi Suriah. Sayangnya di babak 16 besar ini, Suriah kalah adu penalti dari Iran.

4. Palestina

Sama seperti Suriah, Palestina juga untuk pertama kalinya lolos ke fase gugur Piala Asia. Kepastian itu dicetak Palestina setelah mengemas empat poin dari tiga laga Grup C Piala Asia 2023.

Palestina akhirnya gugur di 16 besar Piala Asia 2023. Hal itu setelah Mohammed Rashid dan kawan-kawan tumbang 1-2 dari Qatar.

3. Tajikistan

Tajikistan mencetak dua sejarah di Piala Asia 2023. Singa Persia –julukan Tajikistan– untuk pertama kalinya lolos ke fase gugur Piala Asia setelah finis sebagai runner-up Grup B.

Kemudian Tajikistan mencetak rekor lain setelah untuk pertama kalinya lolos ke perempatfinal, usai menumbangkan Uni Emirat Arab via adu penalti. Sayangnya di perempatfinal, Tajikistan kalah 0-1 dari Yordania.

2. Yordania

Yordania untuk pertama kalinya lolos ke semifinal Piala Asia setelah menang 1-0 atas Tajikistan semalam. Sebelumnya, prestasi terbaik Yordania adalah menembus perempatfinal pada 2004 dan 2011.

Di semifinal Piala Asia 2023, Yordania akan menghadapi Korea Selatan. Sanggupkah skuad asuhan Hussein Ammouta melanjutkan gebrakan di Piala Asia 2023?

1. Timnas Indonesia

Terakhir ada Timnas Indonesia. Skuad asuhan Shin Tae-yong lolos untuk pertama kalinya ke fase gugur Piala Asia setelah finis di peringkat tiga Grup D.

Timnas Indonesia lolos ke 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik bersama Yordania, Suriah dan Palestina. Sayangnya, kiprah Timnas Indonesia di Piala Asia dihentikan Australia di 16 besar dengan skor 0-4.

Namun, bermodalkan pemain-pemain muda yang ada sekarang, Timnas Indonesia diprediksi bakal melaju jauh di Piala Asia 2027.