Duniasport.com – Liverpool sedang mencari pelatih baru. Jurgen Klopp sudah mengumumkan perpisahan pekan lalu. Memang musim masih panjang, tapi The Reds harus segera bergerak.

Pekan lalu, Jumat 26 Januari 2023 akun media sosial Liverpool mengunggah video yang mengejutkan banyak orang. Di video tersebut, Jurgen Klopp menyampaikan bahwa dia bakal meninggalkan The Reds di akhir musim.

Klopp mengatakan bahwa keputusannya sudah bulat dan bahwa dia bakal memberikan yang terbaik di sisa musim ini. Tidak ada alasan aneh di balik pengunduran diri Klopp, hanya karena dia merasa habis energi.

Betapa tidak, Klopp sudah menangani Liverpool selama sembilan tahun di tengah intensitas tinggi Liga Inggris. Wajar jika dia lelah fisik dan mental.

Mencari pelatih baru, Roberto De Zerbi?
Kepergian Klopp adalah satu hal, mencari pengganti yang tepat adalah hal lain. Liverpool dihadapkan pada tantangan besar, tidak mudah menemukan pelatih dengan kualitas selevel Klopp.

Ada beberapa kandidat, salah satunya Roberto De Zerbi. Kinerja De Zerbi selama menangani Brighton memang tidak bisa dianggap remeh, dia berhasil menyulap tim medioker jadi kuda hitam.

De Zerbi punya pengalaman melatih lebih dari satu dekade. Dia pernah menangani tim Italia di liga kasta rendah, Farfo Boario pada November 2013. Lalu, dia terus berkembang menangani Sassuolo, Shakhtar Donetsk, dan kini akhirnya Brighton.

Tugas De Zerbi di Brighton juga tidak mudah, dia harus menggantikan Graham Potter yang sudah bekerja dengan sangat baik. Kebetulan, di laga pertamanya sebagai pelatih, De Zerbi membawa Brighton main ke Anfield dan bisa mengamankan hasil imbang 3-3.

Bisa lanjutkan pekerjaan pelatih sebelumnya
De Zerbi membuat Brighton jadi lebih kuat tanpa merombak total hasil kerja Graham Potter, pelatih sebelumnya. Karena itu, dia dianggap cocok untuk meneruskan pekerjaan Klopp di Liverpool.

Statistik membuktikan, sejak kedatangan De Zerbi, hanya tujuh tim Premier League yang bisa meraih lebih banyak kemenangan dari Brighton. Pada masa itu, hanya Man City (64,2%) yang mencatatkan rata-rata penguasaan bola lebih banyak dari Brighton (62,2%).

Gaya main yang diusung De Zerbi adalah sepak bola modern, jadi dia adalah kandidat ideal untuk menggantikan pekerjaan Klopp.