Duniasport.com – Liverpool sedang bersiap kehilangan pemimpin mereka, Jurgen Klopp. Beberapa waktu lalu, pelatih asal Jerman itu sudah berpamitan dengan fans. Klopp mengatakan musim 2023/2024 adalah musim terakhirnya.

Jumat 26 Januari 2024, penikmat sepak bola Inggris dan secara khusus fans Liverpool dikejutkan dengan pengumuman resmi mendadak melalui akun media sosial resmi LFC. Klopp mengumumkan kepergiannya di akhir musim.

Klopp sudah hampir sembilan tahun menangani Liverpool. Dia diangkat menjadi manajer The Reds di tahun 2015 silam sebagai pengganti Brendan Rodgers. Bersama Klopp, Liverpool mulai meraih era kejayaannya dengan banyak trofi prestisius.

Kepastian ditinggal Klopp tersebut memicu reaksi dari fans dan pemain. Terbaru, skuad Liverpool tampil habis-habisan untuk meraih trofi Carabao Cup 2023/2024, mengalahkan Chelsea di final.

Jurgen Klopp yang fenomenal
Pekan lalu, Liverpool membungkus trofi Carabao Cup, menang dramatis lewat gol tunggal Virgil van Dijk di menit ke-118 (1-0). Gelar ini adalah gelar pertama Liverpool untuk musim ini dan mereka masih punya peluang meraih tiga trofi lagi.

Trofi Carabao Cup musim ini adalah capaian istimewa. Perlu diingat, kondisi Liverpool saat ini sedang tidak prima. Ada banyak pemain inti cedera. Bahkan, pekan lalu Klopp lebih banyak menurunkan pemain muda.

“Jika Anda ada di posisi Liverpool, lebih baik Anda kehilangan Salah daripada Klopp. Jangan salah, Salah adalah salah satu pemain terbaik di dunia. Mungkin dialah yang terbaik di posisinya,” ujar pakar Premier League, Paul Merson.

“Namun, Anda harus melihat hal yang terjadi pekan lalu di Wembley untuk memahami pentingnya peran Klopp bagi Liverpool. Dia fenomenal.”