Duniasport.com – Josep Guardiola baru-baru ini melontarkan pujian kepada anak asuhnya di Manchester City. Sang pelatih menyebut Rodri merupakan seorang gelandang terbaik di dunia karena ia tidak hanya mampu memainkan peran sebagai pemain bertahan.

Pemain berusia 27 tahun ini telah menjadi salah satu pemain terpenting di tim Man City sejak bergabung dari Atletico Madrid pada tahun 2019 silam.

Rodri telah tampil luar biasa, mencatatkan 237 penampilan dan memainkan lebih dari 50 pertandingan dalam tiga dari empat musim yang dijalaninya sejauh ini.

Pemain asal Spanyol ini mungkin tidak menjadi sorotan utama seperti Erling Haaland, Kevin De Bruyne atau Phil Foden. Tetapi pentingnya dia bagi tim dapat dilihat dari fakta bahwa The Citizens tidak pernah kalah dalam 12 bulan terakhir di mana Rodri bermain.

Simak berita selengkapnya di bawah ini.

Reaksi Guardiola
Tidak mengherankan jika Guardiola merasa senang dengan kontribusi maupun performa yang ditunjukkan oleh Rodri.

Namun ia mengatakan bahwa dia bukan hanya gelandang bertahan terbaik, namun juga gelandang terbaik secara harfiah karena dia melakukan lebih dari sekadar menjadi jangkar di tengah lapangan.

“Saya akan mengatakan jika gelandang bertahan tidak mendapatkan apresiasi yang sama dengan para penyerang atau pemain nomor 10, maka itu bagus. Ketika seorang gelandang bertahan mendapat banyak apresiasi, itu malah tidak bagus,” kata Guardiola.

“Gelandang bertahan harus bermain secara positif, untuknya dan untuk tim, dan membuat tim bisa bermain. Ini adalah peran dari para gelandang bertahan.”

Gelandang Terbaik di Dunia Versi Pep
Tidak dipungkiri bahwa kontribusi Rodri memang sangat membantu maupun menghindarkan Man City dari kekalahan. Bukti terbaru adalah saat golnya mampu menyelamatkan The Citizens dari kekalahan saat bersua Chelsea akhir pekan kemarin.

“Semua sorotan harus diberikan kepada para pemain di lini depan yang mencetak gol, memberikan asisst dan sebagainya.

“Namun Rodri selalu memiliki kemampuan di momen-momen penting untuk mencetak gol, jadi dia adalah pemain yang luar biasa. Dia adalah pemain lini tengah terbaik di dunia saat ini karena dia mampu melakukan segalanya,” ujar Guardiola.

Puji Rodri
Musim terbaik Rodri dalam mencetak gol untuk Man City terjadi pada 2021/22 ketika ia mencetak tujuh gol di semua kompetisi, tetapi ia berada di jalur yang tepat untuk melampaui rekor tersebut dengan mencetak enam gol pada musim ini.

“Rekrutan yang luar biasa. Sulit untuk memahami bagaimana kami bisa melakukan apa yang telah kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir tanpa dia.”