Duniasport.com – Liverpool ketiban apes sebab bek andalan mereka, Virgil Van Dijk, telah didakwa oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) atas reaksinya terhadap kartu merah yang diterima saat timnya menang atas Newcastle.

Pemain timnas Belanda itu diusir dari lapangan karena melakukan pelanggaran terhadap Alexander Isak pada babak pertama. Namun, Van Dijk awalnya menolak untuk meninggalkan lapangan dan kemudian melakukan protes kepada wasit John Brooks.

Eks pemain Southampton itu kemudian tertangkap kamera televisi mengkritik keputusan tersebut dengan menggunakan bahasa yang tidak pantas sebelum terlihat berdebat dengan ofisial keempat Craig Pawson dalam perjalanan menuju ruang ganti pemain.

Pengusiran Van Dijk memaksa manajer Jurgen Klopp untuk menarik penyerang Luis Diaz dan menggantikan Joe Gomez, namun 10 pemain Liverpool berhasil melewati badai dan bertahan dalam pertandingan dengan skor 1-0 sebelum membaik setelah turun minum dan meraih kemenangan comeback 2-1 yang luar biasa.

Simak berita selengkapnya di bawah ini.

Dapat Sanksi dari FA
FA mengkonfirmasi bahwa Van Dijk terbukti menggunakan bahasa yang kasar dan atau menghina atau memperlihatkan sikap tidak mau meninggalkan lapangan setelah diusir keluar lapangan.

Ia berpotensi mendapat tambahan satu pertandingan dari skorsing satu pertandingan otomatisnya akibat kartu merah tersebut.

“Virgil Van Dijk telah didakwa dengan pelanggaran Peraturan FA E3.1 setelah pertandingan Premier League Liverpool melawan Newcastle United pada hari Minggu, 27 Agustus,” demikian bunyi pernyataan FA.

“Diduga bahwa sang bek bertindak dengan cara yang tidak pantas dan/atau menggunakan kata-kata kasar dan/atau menghina terhadap ofisial pertandingan setelah diusir keluar lapangan pada menit ke-29.”

Lakukan Banding
Van Dijk memiliki waktu hingga Jumat (1 September) untuk menanggapi dugaan pelanggaran Peraturan FA E3.1. Saat ini, sang pemain hanya dijadwalkan absen dalam satu pertandingan, melawan Aston Villa di Anfield pada hari Minggu.

Namun skorsingnya bisa bertambah, jika ia terbukti melakukan aksi tersebut yang bisa membuatnya absen saat The Reds bertandang ke Wolves.

“Virgil Van Dijk memiliki waktu hingga Jumat, 1 September untuk memberikan tanggapan atas tuduhan ini.”