Duniasport.com – Carabao Cup musim 2023/2024 ini memang tidak biasa. Ada banyak kejutan yang terjadi mulai putaran pertama hingga babak perempat final tadi.

Rabu, 20 Desember 2023, babak perempat final Carabao Cup 2023/2024 akhirnya bergulir. Ada tiga pertandingan yang dimainkan, sisa satu pertandingan untuk Kamis (21/12/2023) nanti.

Seperti biasa, Carabao Cup alias EFL Cup masih jadi salah satu turnamen favorit di Liga Inggris. Pasalnya, hanya di kompetisi ini tim-tim lintas divisi bisa bertemu.

EFL Cup juga cenderung menyuguhkan pertandingan yang seimbang. Tim-tim dari Premier League umum melakukan rotasi, jadi tim-tim dari Championship atau League One bisa saja mengimbangi.

Nah, musim ini, kejutan demi kejutan terjadi sejak awal turnamen dimulai. Carabao Cup musim ini memang tidak biasa.

Man City dan Man United disingkirkan Newcastle
Tim paling menarik di Carabao Cup musim ini adalah Newcastle. Newcastle bisa disebut sebagai favorit juara Piala Liga Inggris musim ini. Mereka mengandaskan duo Manchester dalam perjalanan mencapai babak perempat final.

Di putaran ketiga, Newcastle menyingkirkan Manchester City, sang juara bertahan Liga Inggris. Lalu di babak 16 besar, mereka membekuk Manchester United 3-0, juara bertahan Carabao Cup musim lalu.

Menyingkirkan Duo Manchester secara beruntun seharusnya layak membuat Newcastle disebut sebagai unggulan atau favorit juara.

Port Vale dan Middlesbrough
Kejutan menarik berikutnya ada di babak perempat final. Ada Port Vale yang dipertemukan dengan Middlesbrough, pertandingan yang diprediksi bakal seru.

Betapa tidak, Port Vale adalah tim dari divisi terendah di babak perempat final. Mereka berasal dari League One, kasta ketiga dalam strata sepak bola Inggris.

Lawannya adalah Middlesbrough dari Championship, kasta kedua dalam strata sepak bola Inggris. Artinya, ada jaminan satu tim di semifinal bukan berasal dari Premier League.

Newcastle dipulangkan Chelsea
Di babak perempat final, Newcastle yang harusnya jadi favorit justru ketiban sial menghadapi Chelsea. Mereka sempat unggul lebih dahulu, nahas harus kalah di drama adu penalti.

Rabu (20/12/2023), Stamford Bridge, Newcastle unggul lewat gol Callum Wilson di menit ke-16. Kemenangan yang sudah di depan mata pun sirna ketika Mykhailo Mudryk menyamakan kedudukan di menit ke-90+2.

Lanjut ke babak adu penalti, Newcastle tidak cukup beruntung. Mereka kalah 2-4 dan harus tersingkir.

Liverpool kini jadi favorit
Liverpool masih akan bertanding pada Kamis (21/12/2023) nanti. Namun, jelas bahwa The Reds jadi favorit juara di Carabao Cup musim ini. Mereka punya skuad solid yang sudah pengalaman jadi juara.

Kuncinya ada di fokus Jurgen Klopp. Selama bertahun-tahun, Klopp dikenal cenderung merotasi tim ketika bermain di Piala Liga. Nah, andai Liverpool benar-benar fokus di Carabao Cup musim ini, peluang juara mereka terbuka lebar.