Duniasport.com – Pengamat sepakbola Vietnam, Quang Huy, mengomentari kiprah Timnas Vietnam di Piala Asia 2023. Meski harus dipulangkan Timnas Indonesia dari Piala Asia 2023 usai mendapat kekalahan di fase grup, Timnas Vietnam disebut Quang Huy masih selevel dengan skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia.

Bagi Quang Huy, kekalahan dari Timnas Indonesia itu tidak bisa dijadikan acuan untuk menilai kekuatan Vietnam. Hanya saja memang, terkadang kedua tim secara bergantian mengakui kehebatannya masing-masing.

“Kalau di Thailand, kita masih tertinggal sedikit dari mereka, tapi kalau di Indonesia beda, kadang menang atau kalah hanya masalah momen atau karena kelas pemainnya,” kata Quang Huy, dikutip dari Soha VN, Kamis (1/2/2024).

“Bukan berarti kami baru saja kalah dari mereka, mereka hanya tampil relatif baik di turnamen yang dengan cepat kami berasumsi bahwa (level) kami lebih rendah dari mereka,” sambungnya.

Lebih lanjut, Quang Huy mengatakan acuan kekuatan tim bisa dinilai dari dua pertandingan terdekat di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Diketahui, Timnas Vietnam akan bersua dengan Indonesia sebanyak dua kali, yakni pada 21 Maret di Jakarta, dan 26 Maret di Hanoi.

“Maret depan, saat Timnas Vietnam bertemu kembali dengan Indonesia, pemain-pemain muda kita akan diberi lebih banyak pengalaman, dengan banyak pilar yang kembali, (pertandingan) itu akan sangat berbeda,” tegas Quang Huy.

Sebagaimana diketahui, Timnas Vietnam kalah dari Timnas Indonesia di fase grup Piala Asia 2023. Gol penalti Asnawi Mangkualam (42’ (P)) membuat Timnas Indonesia mengunci kemenangan dengan skor 1-0 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar pada Jumat 19 Januari 2024.

Kekalahan itu membuat jalan The Golden Star menuju babak 16 besar tertutup. Mereka pun finis di dasar klasemen Grup D dengan 0 poin.

Hasil minor itu tentu mengkhawatirkan bagi pasukan Philippe Troussier. Sebab, Vietnam akan bersua dengan Timnas Indonesia lagi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Kedua tim itu akan bertemu dua kali. Pertemuan perdana di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan tersaji di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 21 Maret 2024 pukul 20.30 WIB.

Kemudian, Timnas Indonesia akan bergantian bertandang ke Vietnam dalam matchday keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Laga itu akan digelar pada 26 Maret 2024 pukul 19.00 WIB.