Duniasport.com – Jurgen Klopp memuji para penggawa Liverpool yang menurutnya mampu menunjukkan hasrat dan semangat saat menyingkirkan Arsenal di pertandingan FA Cup.

The Reds sukses melaju ke babak selanjutnya usai mengalahkan sang lawan pada babak ketiga FA Cup 2023/24. Bermain di Emirates Stadium, Minggu (07/01/2023) malam WIB, mereka menang dengan skor 2-0.

Meskipun tim tuan rumah memiliki banyak peluang di sepanjang pertandingan, sebuah gol bunuh diri dari Jakub Kiwior dan kemudian gol di menit-menit akhir dari Luis Diaz memastikan kemenangan bagi tim tamu.

“Saya sangat senang dan bangga kami bisa memenangkan pertandingan ini. Arsenal bisa saja memenangkannya tanpa keraguan. Kami menyelesaikannya dan itu menunjukkan karakter para pemain,” ucap Klopp.

Simak komentar lanjutan sang pelatih di bawah ini.

Puji Hasrat dan Semangat Liverpool
Liverpool tidak diperkuat oleh kapten klub, Virgil van Dijk, yang absen dalam pertandingan karena sakit, dan sang pemain andalan, Mohamed Salah, yang sudah membela timnas Mesir di Piala Afrika, namun Klopp tetap memberikan pujian kepada anak asuhnya setelah kemenangan tersebut.

“Segalanya menjadi lebih baik dari kami di babak kedua. Sulit untuk mempersiapkan diri menghadapi apa yang dilakukan Arsenal malam ini,” ulas Klopp.

“Di babak pertama, itu adalah formasi yang berbeda dengan [Kai] Havertz dan [Martin] Odegaard yang kurang lebih berperan sebagai pemain nomor 10 ganda [4-2-2-2] dengan pemain sayap melebar. Ancaman yang sangat besar.

“Hal itu menyulitkan lini tengah dan hampir mustahil bagi lini belakang. Itu berarti kami harus bertahan lebih dalam dan menghalau bola. Anda harus menunjukkan hasrat, semangat dan determinasi dalam situasi seperti itu dan para pemain melakukannya.”

Pertahanan Tampil Solid
Dengan absennya Van Dijk, pemain berusia 20 tahun, Jarell Quansah, masuk untuk mendampingi Ibrahima Konate di jantung pertahanan Liverpool, dan berhasil mencatatkan clean sheet.

“Top, top [pertahanan Liverpool]. Momen yang mengerikan, Ibou (Konate) dua kali terjatuh dan Jarell terjatuh dan mengguncang punggungnya dan sebenarnya, saya pikir hanya itu saja dan itu akan sangat sulit di awal pertandingan,” kata pelatih asal Jerman.

“Tapi dia [Jarell] sangat bagus dan Joey [Gomez] lagi-lagi bagus dan Trent [Alexander-Arnold] luar biasa dan Ali [Alisson] pada saat-saat tertentu juga sangat membantu.

“Di depan itu, Macca [Mac Allister] benar-benar ada di sana dan Curtis [Jones] ingin berada di sana, untuk Cody [Gakpo] itu sedikit lebih sulit di posisi yang berbeda.”

Persiapkan Laga Carabao Cup
The Reds masih terlibat dalam Carabao Cup dan akan menjamu Fulham pada hari Kamis dini hari di leg pertama babak semifinal.

“Untuk malam ini, bagus. Rabu adalah pertandingan berikutnya dan kemudian beberapa hari [masuk] libur. Kami harus membuat langkah jika Anda ingin berada di tempat kami berada dan di sekitar area tersebut, maka kami harus membuat langkah setiap saat.”

Liverpool saat ini berada di puncak klasemen Premier League dan juga lolos ke babak 16 besar Liga Europa saat tim asuhan Klopp mengejar trofi, dengan empat gelar masih dalam incaran mereka.