Duniasport.com – Mantan pelatih AS Roma, Jose Mourinho, menyebut persaingan sebenarnya di Italia adalah Inter Milan vs Juventus. Dia menegaskan bahwa pertarungan antara Inter Milan vs AC Milan bukanlah rivalitas yang terbesar.

Ya, Inter Milan, Juventus, dan AC Milan merupakan tiga tim raksasa Liga Italia. Khusus untuk pemimpin klasemen Liga Italia musim ini, Nerazzurri -julukan Inter Milan, harus berbagi kota dengan klub tetangganya, AC Milan.

Duel Inter Milan vs AC Milan pun kerap menyajikan pertarungan sengit. Kendati demikian, Jose Mourinho menilai bahwa Derby Milan alias Della Madonnina itu tak sebesar rivalitas antara Inter Milan vs Juventus atau yang biasa disebut Derby D’Italia.

Jose Mourinho pun memberi penjelasan mengapa rivalitas sebenarnya di Italia adalah Nerazzurri melawan Juventus, bukan AC Milan. Meski pertemuan Inter Milan vs AC Milan identik dengan ejekan penonton dan koreografi yang indah, mereka tentu saja tidak sekuat derby antarkota lain di Eropa.

Hal itu menjadi alasan Mourinho yang secara sadar pernah menukangi Inter Milan antara 2008 dan 2010. The Special One -julukan Mourinho- mencatat bagaimana kedua kubu penggemar Inter Milan vs AC Milan kerap menjalin hubungan baik menjelang Derby della Madonnina.

Oleh karena itu, pelatih asal Portugal tersebut menilai bahwa rivalitas terbesar di sepakbola Italia adalah antara Inter Milan vs Juventus. Sebab, rivalitas kedua tim tersebut kerap memantik emosi para penduduk dari kedua belah kubu karena memiliki sejarah panjang.

“Persaingan sebenarnya di Italia adalah Inter vs Juventus, bukan Inter vs Milan,” ungkap Mourinho di podcast YouTube Rio Ferdinand, dikutip dari Sempre Inter, Sabtu (17/2/2024).

“Saya ingat derby pertama saya melawan Rossoneri ketika saya berada di bus tim. Saya melihat melalui jendela dan melihat para penggemar dengan syal berbeda datang bersama,” imbuhnya.

“Mereka semua bersahabat satu sama lain. Hanya saja tidak ada nuansa derby yang besar. Tetapi, ketika Anda bermain bersama Inter melawan Juve, Anda langsung merasakan bahwa ada sesuatu yang secara historis rumit antara kedua tim,” lanjutnya.

Kini, Inter dan Juventus pun sama-sama sedang bersaing memperebutkan gelar juara Liga Italia 2023-2024. Inter Milan ada di puncak klasemen dengan 63 poin, sementara Juventus mengekor di posisi kedua dengan 53 poin.

AC Milan sendiri juga masih meramaikan persaingan. Mereka menduduki posisi ketiga dengan raihan 52 angka.