Duniasport.com – Direktur olahraga Bayer Leverkusen, Simon Rolfes, mengatakan bahwa ia yakin Xabi Alonso akan tetap menjadi pelatih klub musim depan, meskipun ada spekulasi yang mengaitkan sang pelatih dengan Liverpool.

Alonso diketahui berada di urutan teratas dalam daftar calon pengganti Jurgen Klopp di Anfield, dengan pelatih asal Jerman berusia 56 tahun itu akan mengundurkan diri dari Merseyside di akhir musim ini, setelah mengukir cerita indah selama sembilan tahun.

Sebagai pemain, Alonso memenangkan empat trofi dalam lima tahun masa baktinya di Merseyside, termasuk kemenangan The Reds yang tersohor di final Liga Champions atas AC Milan pada tahun 2005.

Saat ini, Alonso telah mendapat banyak pujian atas pekerjaan fenomenal yang telah ia lakukan di Leverkusen, yang mana masih belum terkalahkan di Bundesliga musim ini dan unggul lima poin di puncak klasemen.

Simak komentar Simon Rolfes di bawah ini.

Garansi Tidak Hengkang
Bukti nyata kehebatan seorang Alonso adalah saat Leverkusen menjungkalkan Bayern Munchen 3-0 pada minggu kemarin, membuat para pendukung Liverpool semakin kepincut dengan pelatih asal Spanyol tersebut.

Ditanya apakah ia yakin Alonso akan tetap berada di Leverkusen musim depan, Rolfes mengatakan kepada media Jerman, Sport1: “Ya, saya yakin.

“Karena satu hal adalah kontrak dan jenis kontrak yang ia miliki, namun hal lainnya adalah seberapa nyaman ia merasa di sini, bagaimana perasaan keluarganya.

“Dia juga tahu apa yang dia miliki di tim, dia tahu bahwa dia memiliki tim yang sangat bagus dan bahwa dia akan memiliki peluang yang sangat bagus [untuk memenangkan trofi] musim depan juga.

“Tidak akan ada perubahan besar atau pemain yang pergi tahun depan, jadi kami pasti akan memiliki tim yang bagus.”

Pelatih Adaptif
Seperti yang diketahui, Alonso terikat kontrak di BayArena hingga 2026 dan Rolfes yakin mantan gelandang Liverpool, Real Madrid dan Bayern ini telah memiliki semua yang ia butuhkan di Leverkusen.

Direktur asal Jerman ini, ia menilai Alonso memiliki keberanian dan kemauan untuk beradaptasi dengan situasi membuat pemenang Piala Dunia 2010 ini berbeda dengan kebanyakan rekan-rekannya di manajemen.

“Dia selalu mengejutkan saya,” tambah Rolfes.

“Setiap orang memiliki kualitas untuk memainkan perannya.

“Xabi memiliki keberanian untuk tidak hanya berkomitmen pada nomor 11, tetapi juga mengatakan: Saya akan mengadaptasi sistem dan membawa pemain lain ke dalam lapangan.

“Kami tidak terjebak dalam sistem yang didasarkan pada cara kami bermain sepak bola.”

Hepi di Bayer Leverkusen
Meskipun Alonso diyakini terbuka dengan kemungkinan untuk menangani Liverpool, ia menolak untuk terlibat dalam spekulasi tersebut ketika ditanyai tentang rumor yang beredar bulan lalu.

“Spekulasi adalah hal yang wajar, namun fokus saya adalah Bayer Leverkusen,” ujar Alonso.

“Saya sangat senang saat ini dengan para pemain saya di Leverkusen. Tentu saja, kepergian Jurgen Klopp dari Liverpool merupakan sebuah kejutan besar. Saya sangat menghormati dan mengagumi apa yang telah ia lakukan.”