Duniasport.com – Manchester City tengah terjerat tren negatif di Premier League 2023/2024. Mereka tidak pernah menang dalam empat pertandingan terakhir berturut-turut. Alarm bahaya pun menyala.

Kamis (7/12/2023), Man City tampil buruk dalam lawatan ke markas Aston Villa, duel pekan ke-15 Liga Inggris 2023/2024. Mereka kalah di segala aspek pertandingan dan akhirnya harus menyerah dengan skor 0-1.

Hasil ini memperburuk situasi Man City dalam beberapa pekan terakhir. Sebelumnya, mereka hanya bisa merangkai tiga hasil imbang beruntun, yaitu kontra Chelsea, Liverpool, dan Tottenham.

Situasi semakin buruk karena performa skuad Josep Guardiola kontra Aston Villa tadi memang terbilang buruk. Mereka tidak banyak mengancam gawang Villa dan memang layak kalah di pertandingan ini.

Empat laga beruntun tidak pernah menang
Gagal menang dalam empat pertandingan beruntun mungkin tidak buruk bagi tim lain. Namun, untuk ukuran Man City, hasil-hasil tersebut sudah jauh di bawah standar.

Mereka ditahan imbang Chelsea dengan skor besar 4-4, lalu dipaksa Liverpool main imbang 1-1, setelahnya kembali diimbangi dengan skor besar 3-3 oleh Tottenham. Nahas, setelah tiga hasil kurang memuaskan itu, Man City justru kalah dari Aston Villa (0-1).

Memang skuad Man City masih sangat kuat, tapi rentetan hasil buruk tersebut seharusnya jadi sinyal bahaya. Mereka mulai tertinggal dalam persaingan ketat di papan atas Liga Inggris.

Lemah di belakang, kesulitan di depan

Kekalahan kali ini pun sekaligus mengekspos masalah Man City saat ini. Mereka tampak lemah di belakang dan tidak banyak mengancam di depan.

Man City hanya melepas dua percobaan tembakan ke gawang Villa. Opta mencatat bahwa angka tersebut adalah yang paling sedikit dalam sejarah tim asuhan Pep Guardiola di lima liga top Eropa.

Man City juga membiarkan Villa melepas sampai total 22 percobaan tembakan di laga ini. Angka tersebut termasuk yang paling banyak dihadapi oleh tim asuhan Guardiola.

Artinya, di pertandingan tadi, terbukti bahwa lini belakang Man City tidak lagi solid seperti biasanya. Mereka juga kesulitan menciptakan peluang di depan.