Duniasport.com – Timnas Indonesia akan menggelar pemusatan latihan alias TC di Turki pada 20 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024 mendatang. Pertanyaannya, bisakah para pemain abroad bergabung di TC ini?

TC Timnas Indonesia di Turki digelar sebagai persiapan sebelum berkancah di Piala Asia 2023 Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024 mendatang.

Sedikitnya ada sepuluh pemain langganan Timnas Indonesia yang tengah menjalani karier abroad, di antaranya Jordi Amat dan Saddil Ramdani di Malaysia, Pratama Arhan di Jepang, dan Asnawi Mangkualam di Korea Selatan.

Selain itu, juga Elkan Baggott di Inggris, Rafael Struick dan Ivar Jenner di Belanda, Sandy Walsh dan Marselino Ferdinan di Belgia, dan Shayne Pattynama di Norwegia.

Periode TC Timnas Indonesia Tidak Masuk Kalender FIFA

Jika tidak dalam kondisi cedera dan alasan nonteknis, kesepuluh pemain itu kemungkinan bakal diminta bergabung ke Timnas Indonesia untuk pemusatan latihan di Turki.

Namun, jadwal training camp Timnas Indonesia di Turki tidak masuk kalender FIFA sehingga para pemain itu bisa saja tidak dilepas klubnya masing-masing.

“Ini yang sudah kami komunikasikan dengan klub di luar negeri. Sebab, memang TC ini cukup panjang,” ujar manajer Timnas Indonesia, Sumardji.

Bisa Bawa Pemain BRI Liga 1

Untungnya, Timnas Indonesia bisa membawa pemain BRI Liga 1 ke pemusatan latihan di Turki karena kompetisi diliburkan pada 19 Desember 2023-3 Februari 2024.

“Kalau pemain-pemain yang berada di dalam negeri, tidak ada masalah kan BRI Liga 1 berhenti,” tutur Sumarjdi, yang juga menjabat sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI ini.

“Memang kami lagi menjalin komunikasi terus dengan klub-klub sehingga bisa diberikan pemain yang di luar negeri,” imbuh Sumardji.