Duniasport.com – Penyebab Vietnam tak mungkin menggeser Timnas Indonesia dari peringkat 3 Grup D Piala Asia 2023 akan diulas Okezone. Rabu (24/1/2024) pukul 18.30 WIB, baik Vietnam dan Timnas Indonesia akan melakoni laga pamungkas mereka di Grup D Piala Asia 2023.

Vietnam akan bersua Irak, sedangkan Timnas Indonesia ditantang Jepang. Kemudian pertanyaan muncul, bagaimana dengan posisi Timnas Indonesia di klasemen Grup D jika Vietnam menang atas Irak dan skuad Garuda tumbang dari Jepang?

Apakah Timnas Indonesia akan turun ke posisi juru kunci akibat hasil di atas? Jawabannya tidak. Jika pun Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Jepang, dan di laga lain Vietnam menang 1-0 atas Irak, skuad Garuda akan tetap duduk di posisi tiga.

Lantas, apa alasannya? Alasannya karena Timnas Indonesia unggul head-to-head atas Vietnam. Sekadar diketahui, AFC menetapkan head-to-head sebagai tolok ukur utama ketika ada dua tim atau lebih memiliki poin sama.

Dalam hal ini, Timnas Indonesia unggul atas Vietnam karena menang 1-0 di matchday kedua. Efek kalah head-to-head dari Timnas Indonesia, Vietnam pun sudah dipastikan tersingkir dari Piala Asia 2023.

Jadi, sekalipun skuad asuhan Philippe Troussier ini menang 1000-0 kontra Irak, Nguyen Quang Hai dan kawan-kawan takkan beranjak dari dasar klasemen Grup D. Bagaimana dengan kans Timnas Indonesia untuk lolos ke 16 besar Piala Asia 2023?

Jika menang atas Jepang malam ini, Timnas Indonesia dipastikan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 dengan status runner-up Grup D. Sementara jika kalah atau imbang, Timnas Indonesia harus menunggu hingga Kamis, 25 Januari 2024 malam WIB, untuk mengetahui apakah mereka lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 atau tidak via peringkat tiga terbaik.

Di klasemen sementara peringkat 3 terbaik Piala Asia 2023 saat ini, Timnas Indonesia duduk di posisi empat dengan tiga poin, atau batas akhir tim yang lolos ke 16 besar Piala Asia 2023. Timnas Indonesia bisa bertahan di posisi ini hingga akhir asalkan salah satu dari dua laga di bawah ini menguntungkan Timnas Indonesia.

Dua laga yang dimaksud adalah Yordania vs Bahrain (Grup E) dan Oman vs Kirgistan (Grup F). Semisal Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Jepang, harapannya Yordania menggilas Bahrain dengan selisih tiga gol atau Oman dan Kirgistan bermain imbang.