Duniasport.com – Granit Xhaka mendesak Kai Havertz untuk tetap tenang saat ia beradaptasi dengan peran barunya sebagai gelandang petarung di lini tengah Arsenal. Dan pemain Bayer Leverkusen itu percaya bahwa Havertz akan membungkam para pengkritiknya cepat atau lambat.

Pemain timnas Jerman itu tiba di Emirates Stadium dalam kesepakatan senilai 65 juta poundsterling dari Chelsea musim panas ini dan diberi tugas untuk menggantikan peran Xhaka yang memilih hengkang ke Bundesliga.

Setelah beberapa musim yang sulit di London Utara, dan satu pertikaian dengan para suporter, Xhaka akhirnya mulai berkembang di bawah asuhan Mikel Arteta dan menjadi bagian penting dari perebutan gelar musim lalu dengan bermain sebagai pemain yang lebih menyerang dan berperan sebagai pemain nomor 8.

Havertz pada awalnya tidak terlihat sebagai pengganti yang jelas mengingat dia menghabiskan sebagian besar musim sebelumnya bermain sebagai false nine untuk Chelsea, sementara, terlepas dari keserbagunaannya, itu juga bukan peran yang pernah dia mainkan sebelumnya.

Simak komentar Xhaka di bawah ini.

Pernah di Posisi yang Sama
Xhaka, yang juga membutuhkan periode adaptasi serupa, tidak meragukan kemampuan Havertz dan mendesaknya untuk tetap bersabar saat ia berkembang dalam peran tersebut.

“Saya tahu bagaimana rasanya bagi Kai, ketika orang-orang di luar sedikit gugup dan para penggemar menjadi gelisah,” kata Xhaka kepada The Athletic.

Minta Tetap Tenang
Havertz berjuang untuk menyesuaikan diri dengan peran barunya di awal musim, sempat kehilangan tempatnya di tim, namun belakangan ini tampil gemilang, mencetak gol dalam empat dari tujuh pertandingan terakhir The Gunners.

“Dia hanya perlu tetap tenang. Ini adalah posisi baru baginya dan butuh waktu untuk memahami filosofi Mikel [Arteta] sepenuhnya,” jelasnya.

“Namun, ia semakin membaik setiap saat dan kepercayaan dirinya mulai kembali.

“Semua orang tahu potensinya, tetapi memiliki kepercayaan diri dari klub, manajer dan rekan setim adalah segalanya. Anda selalu membutuhkan dukungan itu.”

Yakin Bisa Bungkam Para Pengkritik
Menurut pemain berusia 31 tahun itu meyakini bahwa cepat atau lambat Havertz akan bersinar di posisi barunya sebagai gelandang petarung. Dan para penggemar Arsenal akan berhenti mengkritiknya jika ia mau bersabar dan beradaptasi dengan perannya tersebut.

“Pendukung Arsenal terkadang membutuhkan sedikit bujukan untuk mengubah pikiran mereka. Namun pada akhirnya, saya berhasil meyakinkan mereka.

“Saya berharap Kai akan melakukan hal yang sama, dan para pengkritik akan memakan kata-kata mereka,” imbuh pemain asal Swiss.