Duniasport.com – Chelsea akan segera mendatangkan satu pemain baru lagi di bursa transfer musim panas ini. Dia adalah bek 25 tahun Prancis dari klub AS Monaco, Axel Disasi.

Disasi merupakan pemain kelahiran Gonesse, Prancis, 11 Maret 1998. Dia memiliki darah Kongo dan Angola.

Sempat memperkuat Timnas Kongo U-20 pada 2017, Disasi kemudian dipanggil ke Timnas Prancis U-20. Disasi sudah bermain untuk tim senior Prancis, di mana dia sejauh ini baru mencatatkan empat international caps, termasuk di Piala Dunia 2022.

Disasi tampil tiga kali di Piala Dunia 2022. Dia bermain 90 menit di fase grup melawan Tunisia, lalu masing-masing satu menit melawan Polandia di babak 16 besar dan melawan Argentina di final.

Setelah tiga musim berseragam Monaco, Disasi bakal hijrah ke Stamford Bridge untuk bergabung dengan Chelsea.

45 Juta Euro

Kesepakatan antara Chelsea dengan Monaco untuk transfer Disasi telah tercapai. Menurut pakar transfer Fabrizio Romano, Chelsea akan membayar €45 juta ke klub Prancis itu untuk memboyong Disasi ke Stamford Bridge.

Sebelumnya, Disasi kabarnya juga diminati oleh dua klub Inggris lain, yakni Manchester United dan Newcastle. Namun, tak ada tawaran dari kedua klub itu, dan akhirnya Chelsea yang bergerak cepat untuk mengamankannya.

Oleh Chelsea, Disasi bakal dikontrak selama lima tahun, atau sampai 2018, dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Dulu Dibeli Monaco 13 Juta Euro

Salah satu produk akademi Paris FC, Disasi mengawali karier profesional bersama Paris FC II pada musim 2015/2016 di divisi lima Prancis.

Pada musim yang sama, Disasi naik kelas ke tim utama Paris FC yang berlaga di Ligue 2. Semusim berselang, Disasi direkrut oleh Reims II, di mana dia juga menemukan jalan ke tim utama.

Pada awal musim 2020/2021, Monaco membelinya dari Reims seharga €13 juta. Monaco mengontraknya lima tahun sampai 2025.

Bersama Monaco, Disasi telah memainkan 129 pertandingan selama tiga musim, di mana dia mencetak 12 gol empat assist.