Duniasport.com – Liga Arab Saudi masih dianggap sebagai tempat persinggahan para pemain sepak bola tua yang sudah tidak lagi kompetitif main di Eropa. Stigma ini seharusnya diubah, menurut asisten pelatih timnas Nigeria, Emmanuel Amunike.

Liga Arab Saudi mulai menggemparkan publik pada musim dingin 2023 lalu. Al Nassr yang memeloporinya dengan mendatangkan mega bintang dunia, Cristiano Ronaldo.

Di musim panas 2023, klub-klub kaya Arab Saudi lainnya mengikuti jejak Al Nassr. Al Hilal, Al Ahli, dan Al Ittihad mulai belanja pemain bintang, sedangkan Al Nassr menambah stok pemain bintang mereka.

Melihat para pemain yang datang ke Arab Saudi, tidak semuanya sudah veteran seperti Ronaldo. Ada yang masih cukup muda untuk melanjutkan kariernya di Eropa.

Stigma Harus Diubah
Skuad Al Hilal, misalnya, memiliki Neymar (31 tahun), Ruben Neves (26), Sergej Milinkovic-Savic (28), Malcom (26), dan Aleksandar Mitrovic (29) yang semuanya tidak ‘tua-tua amat’.

Pola transfer ini diapresiasi oleh Amunike. Asisten pelatih Timnas Nigeria itu memandang Liga Arab Saudi sebagai destinasi baru bagi para pesepakbola dunia yang sedang berada di usia emas.

“Sepak bola di Arab Saudi sudah berubah banyak. Mereka layak dapat respek dan layak untuk mengubah narasi tentang sepak bola mereka yang selama ini orang ketahui,” ucapnya kepada Tribal Football.

Bakal Rekomendasikan ke Arab Saudi
Tidak hanya Al Hilal, klub-klub Arab Saudi lain pun sebenarnya fokus mendatangkan para pemain yang masih berada di usia emas. Dengan begini, persaingan di liga akan tetap kompetitif.

Hal itu yang meyakinkan Amunike bahwa jika ada pemain yang meminta saran kepadanya untuk bermain di Arab Saudi, dia akan memberikan lampu hijau.

“Jika ada seorang pemain yang datang ke saya dan bercerita akan bermain di sana [Arab Saudi, saya akan katakan kepada mereka ‘kenapa tidak jika itu adalah proyek yang tepat bagimu’,” katanya.

Osimhen Digoda

Sementara itu, ada satu pemain asal Nigeria yang pernah dirumorkan hendak diboyong oleh salah satu klub Arab Saudi tersebut. Pemain tersebut adalah Victor Osimhen.

Penyerang Napoli itu adalah penyerang tajam yang jasanya diminati oleh klub-klub raksasa di Eropa. Namun, para peminat Osimhen kini terpaksa gigit jari.

Osimhen memilih untuk memperpanjang kontraknya di Napoli dan menutup kemungkinan bagi siapapun untuk memboyongnya di musim dingin 2024 dan musim panas 2024 nanti.