Duniasport.com – Pelatih Barcelona, Xavi, sudah langsung memikirkan Real Madrid setelah sukses mengantarkan timnya melaju ke final Supercopa de Espana usai mengeliminasi Osasuna.

Blaugrana kalahkan sang lawan pada babak semifinal Supercopa de Espana 2023/24. Bermain di Al Awal Park, Jumat (12/1/2024) dini hari WIB, mereka menang dengan skor 2-0.

Barcelona mendominasi penguasaan bola di babak pertama dan gol-gol baru tercipta di babak kedua dari Robert Lewandowski dan Lamine Yamal sekaligus memastikan masa tinggal Barcelona lebih lama di Riyadh.

Dengan kemenangan ini, Sergi Roberto dan kolega akan menghadapi laga puncak pada hari Minggu melawan Real Madrid, yang telah mengalahkan rival sekota mereka, Atletico Madrid di babak semifinal lain.

Simak komentar sang pelatih di bawah ini.

Optimis Kalahkan Real Madrid
Sebuah catatan tanpa kemenangan sebelum tahun baru telah membuat Barcelona tertinggal tujuh poin dari pemuncak klasemen sementara La Liga, Real Madrid dan Girona, namun Xavi optimis menjelang pertandingan El Clasico di final nanti.

“Metodologi kami, cara kami bermain, tim yang kami miliki dan cara kami bertanding melawan Madrid,” ujar Xavi dalam konferensi pers ketika ditanya alasan mengapa ia yakin Blaugrana bisa mengalahkan Los Blancos.

“Contoh yang bisa dijadikan acuan adalah final tahun lalu ketika kami menang 3-1. Kami jauh lebih baik. Dan meskipun kalah dari Madrid di La Liga musim ini, kami juga bermain dengan baik hingga menit ke-60. Kami merasa bisa mendapatkan lebih banyak hal dari laga tersebut.”

Waspadai Real Madrid
Barcelona bertemu Real Madrid akan menjadi pertandingan ulang dari final tahun lalu, yang dimenangkan Blaugrana dengan skor 3-1. Namun, Xavi mewanti-wanti kepada anak asuhnya tetap waspada kepada sang rival.

“Kami harus menguasai bola dari Madrid dan DNA kami harus lebih bersinar dari sebelumnya. Madrid sedang dalam performa yang lebih baik dari tahun lalu, tetapi kami akan mencoba untuk mendominasi mereka dan bermain dengan gaya yang sama.

“Ini adalah tempat dan momen yang ideal bagi kami untuk menampilkan sepak bola terbaik kami. Kami siap untuk itu,” imbuh Xavi.

Tuntut Pertahankan Performa
Sementara, kemenangan lawan Osasuna merupakan kemenangan pertama Barca dengan selisih lebih dari satu gol sejak 19 September, sebuah rentetan yang berlangsung selama 20 pertandingan di semua kompetisi.

Ini juga merupakan kemenangan ketiga Blaugrana secara beruntun di awal tahun 2024, setelah sukses melawan Las Palmas di La Liga dan Barbastro di Copa del Rey, dan gelandang Frenkie de Jong merasa timnya telah berubah arah.

“Kami telah memenangkan beberapa partai secara beruntun dan babak kedua cukup baik melawan Osasuna,” kata De Jong.

“Sekarang kami akan menghadapi salah satu tim terbaik di dunia, yang merupakan satu partai yang bagus bagi setiap pemain.

“Kami akan menghadapinya dengan performa yang bagus, kepercayaan diri dan keinginan untuk menampilkan performa yang menunjukkan bahwa kami adalah tim yang sangat bagus.”