Duniasport.com – Timnas Thailand masih belum terkalahkan di Piala Asia 2023. Terbaru, The War Elephants menahan imbang Timnas Oman tanpa gol di laga kedua Grup F Piala Asia 2023.

Bermain di Abdullah bin Khalifa Stadium, Minggu (21/1/2024) malam WIB kemarin, Thailand berpeluang untuk mengamankan tiket 16 besar Piala Asia 2023 saat bertemu Oman.

Tiket babak 16 besar akan tim asuhan Masatada Ishii raih apabila mampu menang melawan Oman. Oman sendiri bukan lawan mudah mengingat di laga pertama berhasil merepotkan Arab Saudi, meskipun harus kalah 1-2.

Nah, meskipun gagal meraih kemenangan, namun Masatada Ishii menyebut satu poin yang mereka dapatkan ini patut disyukuri. Dan itu membuat mimpi mereka lolos 16 besar Piala Asia 2023 tetap terbuka.

Satu Poin yang Disyukuri Thailand
Ishii mengatakan meski War Elephants menargetkan tiga poin melawan Oman demi lolos 16 besar, mereka menyadari kesulitan yang dihadapi dan harus menyesuaikan strategi mereka untuk mengamankan hasil imbang.

“Memenangkan dan mengumpulkan tiga poin penting akan menjadi hal yang ideal sebenarnya, tetapi setelah kami mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tidak pada laga ini, kami merasa beruntung bisa kembali dengan setidaknya satu poin. Jadi saya senang dengan apa yang terjadi,” ujarnya.

“Lebih dari itu, meskipun kami tak meraih tiga poin, laga ini adalah hari penting bagi kapten kami Theerathon Bunmathan yang mencatat 100 caps untuk Thailand dan saya ingin mengucapkan selamat atas pencapaiannya itu,” lanjutnya.

Pertahanan Thailand Menjadi Kunci

Setelah pertandingan melawan Oman yang berakhir tanpa gol, pelatih Masatada Ishii mengatakan bahwa target timnya kini adalah mempertahankan performa ketika bertemu Arab Saudi di laga terakhir fase grup.

“Kami mengantisipasi sebuah pertandingan yang sulit dan saya cukup senang kami mampu meraih satu poin. Kami sudah memainkan dua pertandingan tanpa kebobolan dan rencananya adalah mempertahankan hal itu ketika menghadapi Arab Saudi,” ujar Masatada Ishii di situs resmi AFC.

Selanjutnya, Thailand akan bertemu Arab Saudi di laga erakhir fase grup F Piala Asia 2023 pada 25 Januari 2024 mendatang.