Duniasport.com – Nama Xabi Alonso digunakan oleh penipu online untuk memperdaya banyak orang dan mendapatkan uang. Kasus ini terjadi di Thailand, cukup aneh dan sedikit mengundang tawa.

Sejak pekan lalu, tepat setelah pengumuman Jurgen Klopp akan meninggalkan Liverpool di akhir musim, muncul spekulasi soal penerus Klopp yang tepat. Nah, di antara sekian kandidat, Alonso dianggap sebagai yang paling tepat.

Momen inilah yang dimanfaatkan oleh penipu alias scammers di Thailand. Baru-baru ini, polisi Thailand telah memperingatkan fans agar tidak mudah tertipu oleh orang yang mengatasnamakan Alonso, meski memiliki akun bercentang biru.

Viral penipuan online akun Xabi Alonso
Kasusnya memang cukup unik, akun palsu Instagram ini menggunakan nama Xabi Alonso dan memiliki centang biru. Jadi sedikit dimaklumi jika fans mudah terkecoh Masalahnya, direct message (DM) yang dikirim oleh akun tersebut jelas-jelas aneh.

Alonso palsu mengatakan bahwa dia akan menggantikan Klopp di Liverpool, tapi untuk saat ini dia meminta donasi sebesar 300 baht atau sekitar 135 ribu rupiah untuk membeli tiket pesawat ke Inggris.

“Saya Xabi Alonso, saya akan menangani Liverpool musim depan, tapi saya sedang kekurangan uang untuk membeli tiket pesawat ke Liverpool,” tulis pesan tersebut.

Lebih aneh lagi, pesan pribadi tersebut ditulis dalam bahasa dan aksara Thailand, padahal jelas-jelas Alonso adalah orang Spanyol, mungkin bisa berbahasa Inggris dan Jerman, tapi tidak bahasa Thailand!

Apalagi, pesan tersebut menyertakan link mencurigakan, biasa disebut phising. Ketika penerima pesan mengklik link tersebut, penipu bisa mengetahui aplikasi bank, data-data penting, bahkan bisa sampai menyedot uang.

Entah bagaimana perkembangan kasus ini, yang jelas polisi Thailand sempat memperingatkan fans agar tidak tertipu. Jadi, apa mungkin sudah ada orang yang tertipu, menyumbang 135 ribu rupiah untuk Alonso yang berbahasa Thailand?